Artificial Intelligence adalah dan fungsinya? Beserta contoh

Pengertian Artificial Intelligence

Artificial Intelligence & 7 Contoh Penggunaannya Dalam Industri ...
Artificial Intelligence atau AI adalah sebuah kecerdasan buatan yang ditambahkan kedalam suatu sistem yang ada pada chip processor/AI Engine. Beberapa hal yang dapat dilakukan oleh kecerdasan buatan seperti mengontrol, merencanakan, kemampuan memutuskan masalah seperti hal nya manusia biasa. Kecerdasan buatan pada masa sekarang sudah banyak digunakan di berbagai bidang diantara nya adalah bidang kesehatan, yang mana berfungsi untuk mendeteksi berbagai macam penyakit yang ada pada tubuh. Didalam ponsel yang kita gunakan tentu  nya sudah terdapat AI seperti AI Camera, AI Beauty, dan berbagai macam lagi.

Fitur AI berguna agar perangkat bisa berfikir, bukan hanya menjalankan, tetapi juga berfikir serta belajar mengenai cara user menggunakan perangkat yang sudah ada AI. Muncul nya AI banyak membawa manfaat serta kerugian bagi SDM yang ada karena dengan menggunakan AI, tenaga kerja manusia akan digantikan dengan Robot yang akan merakit semua nya dalam hitungan menit saja, sehingga dapat menghemat biaya yang dikeluarkan. Serta akan banyak mengurangi lapangan pekerjaan yang dapat menyebabkan masalah sosial pada hari kedepan nya, maka dari itu penggunaan AI hanya untuk perangkat elektronik seperti Smart Tv, Handphone, Laptop dan lain-lain.

Contoh penggunaan AI adalah dalam sebuah permainan di komputer. Saat bermain game tersebut kita dapat bermain sendiri atau bermain dengan komputer yang pada umumnya disebut bot. Bot game akan bekerja dengan menggunakan algoritma-algoritma yang telah diciptakan pada awal pembuatan hanya menentukan kemungkinan yang dapat terjadi dalam berfikir secara mandiri. AI akan selalu berkembang dan belajar dengan sendiri nya.   

Pemakaian AI di Indonesia menurut CNNIndonesia sudah ada 14% perusahaan di Indonesia sudah menggunakan AI dalam bekerja, serta 42% dalam perjalanan dan sudah memulai rencana uji coba dengan teknologi AI, masih rendahnya penerapan teknologi AI di Indonesia karena masih kurang nya SDM yang dapat menerapkan AI dan harus melakukan training yang dapat memakan banyak waktu serta biaya yang mahal. Tetapi AI/Artificial Intelligence dapat menciptakan pekerjaan-pekerjaan baru untuk manusia.

Sekian informasi dari mimin, semoga bermanfaat dan jangan lupa like dan share postingan ini agar dapat adsense heheh ^^

Post a Comment

0 Comments