Apa itu blog?

Apa itu blog

Pengertian Blog

        Sebelum menuju cara membuat blog, kita harus tau apa si blog itu? Blog adalah website yang berguna untuk membagikan artikel, foto, video, yang diberikan oleh penulis dari blog. Artikel yang dibagikan oleh penulis blog berdasarkan pemikiran satu atau dari beberapa penulis yang memiliki urutan posting dari yang terlama hingga yang paling baru.

Struktur pada blog

Blog juga memiliki struktur yang akan membuat tampilan blog lebih menarik sehingga dapat menarik pengunjung. Pada dasarnya blog memiliki struktur standar diantaranya

1. Header

Letak header dibagian atas isi blog yang berisi judul atau deskripsi atau menu blog.

2. Navbar atau navigation bar

terletak dibawah header yang berfungsi untuk mempermudah mencari isi blog berdasarkan kategorinya.

3. Main blog

Main blog terletak di tengah blog yang berisi konten. Pada main blog juga terdapat struktur judul, nama penulis, serta komentar yang diberikan kepada penulis.

4. Sidebar

Sidebar biasanya akan diisi oleh popular post, archive, dan penulis bisa untuk menambahkan widget lainnya pada sidebar.

5. Footer

Footer biasanya terletak pada bagian bawah blog yang berisi informasi singkat pemilik blog serta kontak dan form subcribe yang diisi alamat email

Jenis-jenis blog

Blog tidak hanya berguna untuk kebutuhan pribadu saja, tetapi blog sudah dapat digunakan untuk berbagai macam tujuan seperti menjadi lahan bisnis sehingga menghasilkan uang baik pribadi maupun perusahaan sekalipun. Apa aja si jenis-jenis blog yang bisa kita kelola, berikut penjelasannya

1. Blog pribadi

Kemunculan blog pribadi bertujuan untuk menyalurkan hobi menulis dengan memasukkan konten yang ditulis kedalam blog yang bisa diakses secara online oleh siapa pun. Blog pribadi juga sering disebut sebagai jurnal karena penggunanya mencatat buku harian secara online.
Isi kontenya terdakang bebas karena merupakan blog pribadi yang tidak terikat aturan tertentu seperti contohnya traveling, teknologi, food, dan lain-lain tergantung konten yang akan dibawakan oleh penulis.

2. Blog profesional

Blog profesional memiliki batasan konten karena isi konten blog profesional berkaitan dengan profesionalitas pemilik blog dalam suatu bidang. Contohnya terdapat ahli dalam bidang Progammer yang isi nya tentang hal-hal yang tidak jauh dari teknologi, komputer, dan coding. Tetapi dalam blog profesional ini penulis harus benar-benar jelas dalam menyampaikan konten karena berhubungan dengan profesionalitas.

3. Blog bisnis

Blog bisnis biasanya dimanfaatkan untuk mendatangkan pengunjung yang banyak karena blog bisnis berhubungan dengan website suatu perusahaan atau toko online. Dengan memanfaatkan blog untuk tujuan digital marketing akan bisa mendatangkan pengunjung melalui kata kunci yang sering dicari oleh konsumen.

Sekian informasi dari mimin tentang apa itu blog, semoga bermanfaat dan jangan lupa like dan share postingan ini agar dapat adsense heheh ^^

Post a Comment

0 Comments