Apa itu Blockchain? Serta Perbedaan dan Keuntungan Menggunakan nya

apa itu blockchain-dan bagaimana keuntungannya

Pengertian blockchain

Mungkin dari kalian belum banyak atau belum pernah sama sekali mendengar blockchain, jadi blockchain atau rantai blok adalah sebuah sistem pencatatan atas transaksi yang terjadi secara digital dengan ciri khas yaitu transaksi dan blok, apa yang dimaksud transaksi dan blok.

 Ialah sebuah transaksi yang di simpan pada satu blok sehingga membentuk jaringan dengan berisi hash kriptografi yang artinya kriptografi dapat mengamnil data dari blok sebelum nya dan mengubah nya menjadi compact string. Blockchain biasa digunakan untuk transaksi digital seperti Bitcoin dan lainnya. Blockchain sejak pertama di umumkan oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2009 dengan judul Whitepaper Bitcoin, maka dari situ lah blockchain mulai berkembang pesat hingga sekarang.

Bagaimana cara kerja blockchain?

Sistem yang terdapat pada blockchain terdiri dari dua jenis record transaksi dan blok, dengan menggunakan metode tersebut artinya setiap blog di memerlukan nomor seri/sebuah id khusus yang dapat memungkinkan setiap blok dapat memverifikasi integritasnya. Catatan yang sudah di muat diblok sudah tidak dapat dirubah kembali sehingga blockchain mempunyai sifat yang immutable.

Lalu apa beda nya dengan sistem tradisional dengan blockchain?

Perbedaan jelas blockchain dengan sistem tradisional adalah adanya pihak ketiga yang dipakai oleh sistem tradisional.

Contoh ketika anda membeli sebuah kopi lalu anda membayar dengan credit card, debit card kepada coffe shop tersebut, lalu bagaimana coffe shop tersebut percaya kalo kita sudah membayar, maka dari situ ada nya pihak ketiga yang melakukan transaksi tersebut. Lalu apa beda dengan blockchain. Blockchain tidak memerlukan pihak ketiga untuk melakukan transaksi karena akan di simpan oleh banyak komputer yang tersebar pada jaringan itu sendiri.

Contoh membeli kopi tadi lalu pembayaran nya melalui bitcoin, terus bagaimana cara kan bitcoin itu uang digital, nah cara nya dengan melakukan transfer ke alamat bitcoin cafe secara peer to peer. Dari situ transaksi akan dicatat dengan komputer yang tersebar dengan jaringan bitcoin. Tapi coffe shop tersebut harus memiliki akun bitcoin yang menyebabkan tidak terkembang nya bitcoin karena belum terlalu paham cara menggunakan nya.

Lalu seberapa aman blockchain?

Sistem yang dipakai oleh blockchain adalah kritografi yang jauh lebih aman dari perbankan tradisional serta bersifat terdesentralisasi sehingga membuat blockchain sangat ideal untuk transaksi keuangan maupun menyimpan informasi yang sangat penting.

Sekian informasi yang bisa diberikan, intinya blockchain dapat mempermudah anda dan tidak harus menggunakan pihak ketiga ketika akan melakukan transaksi, selamat membaca.


Post a Comment

0 Comments