5 Virus berbahaya untuk komputer selain corona



Sejarah Singkat Lahirnya Virus Komputer (Bagian Ke-1) - BPPTIK

         Virus merupakan musuh besar untuk pengguna internet karena dapat menyebabkan terjadinya kehilangan data hingga laptop yang rusak karena para hacker menyusupkan virus untuk mengambil data user/melakukan remote control kepada laptop yang sudah terkena. 

        Semakin teknologi berkembang maka semakin berkembang juga virus yang diciptakan oleh para hacker dengan kesulitan yang kompleks membuat laptop yang sudah terkena tidak dapat digunakan. Berikut adalah virus-virus komputer didunia yang dapat merusak laptop.

1. Storm worm

           Storm wore adalah virus dalam keluarga trojan horse yang dapat mengendalikan secara jarak jauh dengan menyebarkan email spam. Virus ini berbahaya karena terdapat dalam program yang akan diinstal kedalam laptop sehingga antivirus tidak dapat mendeteksi virus tersebut. Virus storm worm pertama kali muncul pada tahun 2007 melalui email palsu yang berisi tentang badai yang akan menerjang eropa, lalu dari email tersebut user disarankan untuk melakukan install perangkat jenis bootnet yang mana pc dapat dikendalikan dari jarak jauh yang ternyata didalam nya sudah terdapat virus.

2. ILOVEYOU

             Bukan menyatakan cinta kepada manusia, iloveyou merupakan virus yang sama seperti storm worm yang menyebar melalui email, virus iloveyou dapat mengubah file dan mengganti data yang berisikan program VBScript yang akan menyebar melalui semua kontak email. Virus iloveyou muncul pada tahun 2000 yang diciptakan oleh Onel de Guzman dari Filipina. Virus ini sudah menginfeksi lebih dari 45 Juta komputer serta laptop diseluruh dunia dan menyebabkan kerugian sebesar USD 8 Miliar.

3. MyDoom

             Virus MyDoom muncul pada tahun 2004 yang merupakan virus dengan penyebaran tercepat karena dapat menginfeksi jutaan email dalam kurun waktu 36 jam pertama. MyDoim berbahaya karena dapat mencuri informasi pribadi mulai dari nama, emai, nama domain dari sistem yang sudah terinfeksi MyDoom. Akibat virus tersebut microsoft mengalami kerugian sebesar USD 38,5 Miliar akibat virus tersebut.

4. Black Shades

            Black Shades masuk kedalam jenis virus ransomware yang melakukan enkripsi/ mengunci file, sehingga hacker mengendalikan dapat melakukan pengendalian jarak jauh, serta memata-matai melalui webcam PC, lalu mencuri file dan informasi berharga. Untuk memulihkan pc dari virus tersebut user diharus kan membayar uang tebusan agar pc nya dapat digunakan kembali.

5. WannaCry

         Virus WannaCry heboh pada tahun 2017 lalu karena menyerang sebuah rumah sakit di Indonesia, tidak hanya diindonesia tetapi diseluruh dunia terjangkit virus WannaCry yang artinya “ingin menangis”. Virus ini bekerja seperti black shades karena termasuk ke dalam ransomware yang mengendalikan pc dari jauh sehingga user tidak dapat menggunakan pc nya termasuk mematikan pc apabila tidak dilepas dari stopkontak, virus ini juga mengambil data pribadi hingga mengajukan tebusan agar user membayar untuk melepaskan virus tersebut dari pc nya.

Sekian informasi dari mimin, semoga bermanfaat dan jangan lupa like dan share postingan ini agar dapat adsense heheh ^^

Post a Comment

0 Comments